Wednesday, April 23, 2008

RE.. GOES TO POTTY

my baby sekarang, Renata (5m20d), puji Tuhan sejak bulan lalu udah ngga tidur pake diaper, ataupun perlak n alas ompol sama sekali.
Ya tidur kaya orang dewasa gitu.. n ga ngompol juga kok..
jadi dalam semalam dia ga ada ganti celana.. yang ada pipis dua tiga kali di pottynya


 KELOLOSAN
Mungkin terlalu awal mentaturnya..
aku mentatur Renata sejak usia 2 minggu (waktu itu di wastafel), cuman berhub wastafel kejauhan dan kamar ngga nyatu sama kmr mandi.. seringkali malah kelolosan.
Akhirnya beli potty n taruh di bawah ranjang.
Mulai awal2 aku emang sengaja ngga pake alas ompol n perlak sbg alas tidur.. cuman pake matras springbed aja..
Sengaja,.. supaya aku ngga membiarkan diriku lengah n lalu ga siaga kalo Renata mau pipis.
Soalnya beberapa kali kesalahan itu dari aku atau papanya. yang ngga cepet2 bangun kalo pas Renata usek2,
atau ngga pehatian pada jam2 pipisnya.
Dari 100% pipis, kelolosan 10-20%, kesalahan pada aku atau papanya 90% dari jumlah itu.. yang 10%nya Renata ga ada tanda2nya, misal keasikan main.
 
ALARM DAN REWARD
Pas dia pipis, aku langsung ganti.. aku n suami emang sama2 sepakat ngga akan membiarkan Renata lama dalam kondisi celana basah,
supaya alarmnya ngga mati. Juga memperbanyak komunikasi, reward2 kalo dia n kami berhasil melewati tiap 'sesi' pipis (duuh.. istilahnyaaa...),
"waahh pinter... naahh.. celananya ngga basah, bagus2.. kita berhasil"
atau komentar jujur seperti,.."yaaa..sayaang, tu, kan, celananya basah"
atau" waduh.. maap ya.. mom lupa.. mom ngga ngeh.. waduh.. jadi basah, ya.."
yaa.. semacam itulah.. aku liat dari wajahnya dia ngerti kok lama2.
 
awal2 masih banyak kelolosan, seperti yang aku bilang tadi, fakor utamanya dari kami.
Tapi sambil sama2 belajar, akhirnya ternyata bisa juga.
Sekarang kalo dirumah, Renata benar2 bisa lepas diaper, lepas popok, lepas perlak dan lepas alas ompol. Adanya ya pipis di potty.
 
NGOMPOL.. KARENA KITA
aku berpikir.. ini adalah masalah memilih media apa yang mau dipilih untuk dijadikan penampung pipisnya.
(terpikir waktu melihat Oma aku yang waktu sakit sempet pake diaper adult, alas sekali pakai, potty.. persis, deh.. kalo dia ngga mau bangun ato ngga ada yang bantu angkat.. ya pipislah dia dimana dia berada). Jadi kalo baby/oma2 pipis ato ngompol yang bikin mereka ngompol siapa? ya yang ngga bantu dia untuk mencapai tempat pipis yang benar.

TOLONG DONG, MOM..!!
Walau pertama2 diwastafel, sekarang di wastafel ga mau lagi. Pernah aku liat dia mau pipis, lalu lebih dekat ke wastafel ketimbang potty.. aku lari ke wastafel tatur dia, tapi ga mau tuh.. marah2, nangis. lalu aku bawa ke pottynya lha liat dia ga mau pipis disana padahal dah kebelet gitu. Pas aku dudukin dia di pottynya.. langsung pipis dia. Mungkin udah mulai merasa kalo itu tempat pembuangannya. Sekarang kalo mau pipis, panggil2 dia.. pertama sih liat aku.. liat2 aku, panggil2, merengek2.. trus akhirnya ga tahan dia.. pipis juga. Tapi abis pipis ngga berhenti masihan.. rewel2 n nangis2 gt.. sampe kadang marah gitu sambil liat aku. Lha aku kan ga ngeh dia kenapa (misal pas sibuk juga).. akhirnya pas aku datangin karena marah2 ga brenti2.. ternyata celananya basah. Jadi dia maunya kalo kebelet, mintanya dibawa ke potty.. lalu kalo sampe basah dicelana gitu karena ga diangkat, nesu dia, "gimana sih mom.. basah nih.. aku kok ga diantar ke potty sih.. ganti dong.." -> bahasanya sih gitu.
Kalo udah aku ganti, langsung diam dia.. main2 lagi. Berarti emang ga mau celananya basah dia.

Uuuhh.. senangnya.. kalo malem sekarang benar2 ngga basah, deh.. malam sampe pagi celana yang dipake celana yang sama, dan tidak ada tumpukan dipagi hari.

15 comments:

  1. sis,renata 5 bulan dah bisa duduk yah? wah senangnya

    ReplyDelete
  2. wah pinter bangeett ... hihi..
    daku nih masih 'manja' ... bobonya Dhanik tetap dengan diaper... susahnya lagi, sehari-hari Dhanik sama eyangnya, jadi ya agak2 terpaksa pasrah deh. Tapi mau ah coba beli pispot.. hihihi

    ReplyDelete
  3. waduh good job sis irene...kalo my baby aaron masih pake diapers nih kalo malam padahal uda 9 bulan hikssss

    ReplyDelete
  4. Sukses ya sis...
    Isaac masih suka ngompol, salah mama n papanya sih ngga sediain potty. pagi bangun tidur biasanya langsung dibawa ke kamar mandi untuk pipis n pup. Cuma kadang karna ngga sering dilatih, jadinya ngompol deh.. Padahal dari usia 5 bulan saya udah ajarin pipis. Karna dititip ama pengasuh, jadi ngga teratur... Tapi dia kalo kebelet selalu turun dari kasur n pipis di lantai..

    Ternyata bisa ya baby diajarin dari usia o bulan.. huebat sis...

    ReplyDelete
  5. Wah congratz ya, rene, jadi iri loh...
    Jeremy yang udah 9 mos aja sampe sekarang masih pake diapers kalo mo tidur.
    Btw, renata sudah duduk ya 5 mos?

    ReplyDelete
  6. uuhhh.. ngiri... ngga kepikir banget bisa potty training dari usia sangat dini... kok re seumuran keni yaa? lahir tgl brapa?

    ReplyDelete
  7. kalo duduk sendiri belum bisa sis.. ini aja sekarang kalo duduk, model kaya cleopatra gt.. nyamping.
    Cuman merangkak dulu bisanya.. bulan lalu udah mulai merangkak, cuman sekarang udah mulai lancar.. udah maju secara harmoni kaki tangannya.. stimulasiku ngga pake mainan2.. pake kertas, plastik, kalkulator.. pokoknya yang dia suka n tertarik ambil

    ReplyDelete
  8. iya.. kalo sama orang lain itu yang paling susah. tapi masalahnya pas ngobong2in aku untuk terus tatur dia itu Mamaku juga.. sama opaku. apa ya.. buyutnya Re. Soalnya tatur mentatur udah banyak suksesnya dikalangan tua2 dikeluargaku. Jadi kalo ga aku tatur n masih ngompol pas usia 1 tahun.. pasti yang disalahin akunya. Wong kalo Re pake diaper, tukang copotnya ya mamaku, omanya si Re.

    Beli pispotnya yang ada sandarannya lebih enak.. kalo baby dah bisa duduk, ngga usah terlalu nopang di tangan kita.. kan kalo malam, baby masih ngantuk gt, kadang cenderung oleng. kalo ada sandaran n samping2nya, kan bisa duduk dia.. model kaya direktur2 gt. Aku beli cm 68.000 kok.. murah sih.. tapi pas itu aku liat dari seluruh potty yang ada.. yang itu yang paling mudah dibersihkan (tinggal angkat mangkuknya).. paling enak dudukannya.. dll

    ReplyDelete
  9. ayo len.. semangat.. (bener2 butuh semangat emang.. hiks.. malas bangunnya kalo pas malam itu sama kaya pas harus nyusuin.. tapi justru jam2 nyusuin itu bisa disamakan dengan pipisnya dia jg.. jadi ga kedobel2 bangunnya)

    ReplyDelete
  10. wah.. berarti isaac alarmnya juga dah bagus sis..

    ini jalan pikiranku sih, share ajalah..
    tahapan potty ini sebenernya dari dua pihak ..
    si baby udah dibawain reflek alarm sebelum pipis.. dari tanda2, mimik dll
    kita yang wajib 'catch' itu. Lalu ngarahin ke arah yang tepat.
    Kalo alarm udah mati itu berarti proses 'pembentukan karakter' dlm hal itu bisa dibilang udah terbentuk.
    Kalo udah terbentuk ini yang susah.. soalnya bayi sama kaya kertas kosong.. udah ada garis2nya yang dibawain sama Tuhan yang udah jadi petunjuk kita 'nulis'nya kearah mana.
    Tapi kalo dari pertama nulis kita dari atas kebawah terus, nangkepnya dia.. emang cara nulis itu melewati garis dan dari atas kebawah.. bukan lurus mengikuti garis.
    Nah, sedang kita memaksakan pola seperti itu ke dia selama beberapa lama.. suatu saat kita berpikir.. "pola sebenernya harus mulai ditegakkan.." lalu kita 'paksa' dia untuk ubah pola yang udah dia tangkap selama ini..
    Rasanya kok kasian ya..
    Aku teringat waktu aku masih kecil.. setiap hari dianjurkan makan otak sapi. Diperkenalkan dengan usus2an/jeroan. Wuih.. enak.. aku suka banget n aku liat mereka sengang sekali dari raut wajahnya melihat aku suka dengan apa yang mereka tawarkan.
    Suatu saat menjelang remaja, tiba2 mereka dengan tegas ngga mengijinkan aku makan itu. Pertama2 mereka ga pernah kasih aku makanan seperti itu. Tapi karena udah jadi pola, aku kangen juga n minta..
    ternyata ga dikasih.. suatu saat minta lagi.. ngga dikasih n tegas bilang kalo aku ga boleh makan kaya gt2. Aku inget betul yang ada dalam diriku waktu itu, aku bingung, kenapa sih.. aneh..
    Lalu aku ttp kepengen juga kadang.. ya udah, pas diluaran beli, dan kulihat mereka marah banget.
    Ternyata toh mereka menghentikan karena aku mulai dewasa n diharap makanan2 yang kolesterolnya tinggi mulai dihentikan dan di stop.
    Sampai beberapa lama masalah pola ini meski sudah berhenti, tapi range toleransi untuk hal ini masih terlalu lebar, karena pernah menjadi 'sahabat'.
    Beda dengan temenku yang dari kecil ternyata keluarganya sudah memberikan batasan n menanamkan bahwa makanan itu lebih baik ngga dikonsumsi. Buat dia ngga terlalu berat untuk mencapai kondisi pola lurus itu. Tapi buat aku, itu perjuangan berat.

    Suatu saat waktu udah dewasa waktu aku ingat2 hal itu aku merenung n berpikir,.. berat sekali buat aku, seperti siksaan.. 'melawan daging'. sangat kusesalkan. Buat aku, lebih baik ngga pernah mengijinkan aku berkenalan dengan pola yang salah akan jauh lebih baik untukku, akan jauh lebih ringan buatku. Kenapa ngga ditegasi dari awal n kenapa ngga dari awal jangan memperkenalkan aku dengan pola yang salah lalu suatu saat menstopnya dan memaksa aku melakukan pola yang lain yang sebenarnya mereka sudah tau bahwa pada akhirnya pola itu yang akhirnya harus kupakai.

    Aku juga pernah liat adikku yang paling kecil. Dari kecil sih lucu ya minum kopi. Orang juga geli kecil2 minum kopi. Tapi suatu saat ngga boleh lagi, dia nangis sampe teriak2 ngga ngerti kenapa ga boleh lagi. Keliatan banget dari matanya.. sakit, hatinya. Pas dari awal lihat aku sudah was2, pas kejadian terakhir, aku geleng2 kepala.. Kalo gitu itu mau nyalahin siapa? dari awal sampe akhir jadi korban, pihak yang tersiksa ya dia. Yang mestinya bisa jalan lancar, malah ngasih luka batin dalam diri anak.
    Buat aku, ketegasan itu susah.. selalu ada korban, selalu ada hati yang kena, yang negasin juga ga enak, yang ditegasin lebih ga enak lagi.. jadi mending bawa lurus dari awal... dalam segala hal..

    gt sis.. :D hehe.. panjang juga ya

    ReplyDelete
  11. makasih sis..
    sebenernya semua orang juga bisa kok.. persis kaya nyusuin ato kasi dia minum kok sis..
    kan ada tanda2nya..
    kalo malem kan kita mesti bangun juga kasih minum.. ya wes persis itu juga.

    Re lom duduk sis.. masih kaya cleopatra duduknya.. merangkak duluan ternyata dia.
    pas 4m kan ongkong2 kupikir bakal duduk dia.. ternyata lama2 kaki tangannya maju..
    soalnya emang Re ini suka 'keluar' dari wilayahnya. maksudnya suka eksplor.. jadi mungkin bergerak lebih luas dari area jangkauannya adalah keinginan terbesarnya kali ya..

    ReplyDelete
  12. ihh lucu bangett ya renata ituu, pi2nya mo memanggil hasrat untuk menggigit nih..heyehuhuehehee ;} Tp hebat lhoo uda ga ngompol ^ ______ ^ v Btw sis memang ada tanda2nya ya baby mo pipis? Soalnya kuliat babyku ga ada tanda2 sama sekali, tidur aja tuh dia, en pas diliat uda basah diapernya

    ReplyDelete
  13. Wah.. memang bener ya.. pengalaman pribadi bisa buat pelajaran buat kita mendidik anak.
    TFS ya sis.. keep going share with us..
    Tambah nih pengetahuan kita2.
    Dulu aku pikir bayi2 tu ngga tau apa2, ternyata dari usia 0 bulan sudah bisa belajar ya...

    ReplyDelete
  14. Sis, boleh liat potty-nya nggak?

    ReplyDelete