Wednesday, September 3, 2008

Alasan terbesar kenapa aku suruh orang pake LOVEMOON

Kenapa aku niat banget nyebarin berita ini?? Karena sekarang kita sudah punya pilihan. Dulu kita ngga punya pilihan. Dan aku lihat, banyak orang masih ngga ngerti dari bahan apa sih tissue itu.. dari bahan apa sih kertas itu.. dari bahan apa sih koran itu. dll.. dll..

sedihnya banyak yang ngga ngerti, padahal ini penting banget. Pikirnya cuman barang sekali pake.. tapi coba deh kalo mau perhatian dikit.. googling kek.. cari2 info..
salah satu info yang sama persis dengan apa yang aku dapatkan dari seorang teman yang pernah kerja di bidang pendaurulangan kertas ada di link ini..
ini dari ECOTON  (Ecological Observation And Wetlands Conservation)  

http://www.terranet.or.id/tulisandetil.php?id=1306

sebenernya sih udah mulai tau sejak 3 tahun lalu, tapi gimana lagi,.. aku ga punya pilihan.
Tapi sejak ada Re, aku coba untuk hidup lebih menjauh dari pemicu masalah. Misalnya, pas Re newborn, pas abis nyebokin dia pake kapas basah, aku lebih prefer untuk tepuk2 dengan handuk kecil atau alas ompolnya untuk ngeringinnya ketimbang dengan tissue ataupun tissue basah, apalagi yang berpewangi. Untuk nyucinya pun aku pake sabun mandi, bukan detergen yang sebenernya kurang baik itu.. n ga bisa diproses alam.

Aku pribadi sebenernya kurang interest untuk lap pake tissue pas ke toilet umum dll..
hiyy..
sebelumnya sih kadang masih lupa n toleransi, tapi suatu waktu, pas di suatu acara, aku abis ngedulang Re.. n lupa bawa lap, tanteku yang jarang banget ketemu koment pas aku ambil tissue n tepuk di pipi Re "Eh!! jangan sampe kena mulut!!"
Aku jawab "Iya tante.."
Trus dia nerusin.. 
"kalo tante saranin ya.. mending kamu balik ke jaman dulu deh.. lebih safety.. bawa aja lap untuk mulutnya. Ga apa2 nyuci, repot dikit tapi aman.. kalo ga suka detergen, pake aja sabun mandi (udah pake sabun mandi selama 10 bulan untuk cuci baju Renata). Duuh.. tissue itu ga ada bagus2nya. Diaper itu juga.. sama aja!!"
 
teguran dia yang keras n to the point itu ngingetin aku, jadinya sejak saat itu mesti bawa2 slaber handuk, lap handuk dan kantong untuk bungkus lap yang basah/kotor.
 
Tissue itu juga ada chlornya.. temanku punya saudara, dokter bedah.. pernah cerita, untuk chlor emang dipake untuk mensteril, tapi dalam jangka panjang, chlor sebenernya ngga baik untuk tubuh. Untuk pembedahan,. alat2 yang digunakan terkadang sterilisasinya menggunakan chlor. Lha trus?? ya mau gimana lagi.. dokter itu bilang.. Ya terpaksa.. tapi kan ngga untuk disentuhkan ke tubuh terus menerus. Itu kan urgent. Tapi kalo pemakaian secara berkala.. ya bikin masalah untuk tubuh kita.

Tempo hari sempet nemenin suami aku lihat2 deretan pembalut di hipermarket2. Dia semangat banget untuk ngecekin pembalut2 yang beredar di Indo, pengen tau perkembangannya seperti apa (dia juga yang semangat banget suruh aku menghentikan pemakaian pembalut yang lama.. dia bialng mending dia kerja keras untuk belikan aku pembalut yang sehat ketimbang yang mengeluarkan dioksin, duh.. jadi terharu..)

Benernya kesana ada tujuannya.. sebelumnya sempet obrak abrik isi pembalut yang ada dan pernah aku pake.. salah satunya produk import yang ada di supermarket2.. Dan produk import ini punya lapisan dan daya serap yang 50%nya hampir menyamai Lovemoon, sayanganya lapisan terbawah dia masih plastik, jadi tetep ga ada udara yang bisa meminimalisasi kelembaban yang notabene biiangnya bakteri dan jamur, juga lapisannya cuman 5, gelnya bukan dari tumbuh2an, tapi buatan.. yang paling penting.. ga ada anionnya lah.. jadi ga bisa buat ngilangin pegel2 pas mens dll..(hehe..)

Pas disana, aku tunjukkan ke suami, kalo sekarang (setelah hingar bingarnya pembalut daur ulang itu ngga sehat mulai tercium masyarakat) muncul pembalut2 import yang made in japan, made in thailand dll.. seperti produknya L****R yang S**MG**RD, atau apa lagi ya.. lupa aku..
soalnya denger2 dari temen yang di japan, produk ini disana kualitas ngga kaya yang di indo punya.. jadi kalo import bagus dong..
dan sebelum aku pake Lovemoon, aku pake ini dan aku bilang TOP BGT deh..
kualitasnya sekilas unda undi dengan Lovemoon. Cuman Lovemoon emang lebih kaya ngga pake dan haidku jadi lancar karena anionnya.

Aku sempet sumringah melihat bagusnya perkembangan ini.. wah ada produk yang paling ngga bukan dari daur ulang kertas, jadi bisa diminimalisasi.. tinggal diaper aja..
Tapi pas suami nanya.. "harga berapaan?"
Dieengg!! cuman 8rb-10rb..
bkannya apa..
aku ga tau.. harga murahnya ini kabar baik atau kabar buruk ya..
soalnya kalo dinegara asalnya harganya berkisar 80-100rb.

Kok bisa disini dijual 10%nya...
pas aku bolak balik.. hiks.. ngga ada tanggal kadaluarsanya. sama kaya diapernya Re.. Goon n Nappie.. yang dari japan tapi ngga ada kadaluarsanya. mateeengg, deh..

Aku berandai2, seandainya tanggal kadaluarsanya tertera ya..
Tapi suamiku bilang.. "meski tanggal kadaluarsanya tertera.. kamu bakal percaya gitu aja?? dari harganya itu lho.. itu produk yang di jepang kondisinya bagaimana, kok bisa dibawa ke indo dengan harga kaya gitu.."
Teringat juga teman yang bekerja di sebuah supermarket import.. yang keluar gara2 bersitegang dengan atasan masalah penggantian tanggal kadaluarsa dimundurkan 6 bulan.

Duh, kapan negaraku bisa memasukan produk terbaik.
Jadi inget juga pas sidaknya kode etik plastik di luar sono.. pas AVENT kena dan produk2 ditarik dari peredaran. Tiba2 aja dengan ajaib babyshop2 dipenuhi dengan produk2 avent yang dulunya susye amat cari kelengkapannya.
Pas abis baca di inet kalo Avent di kanada begini begitu.. pas ke babyshop aku sempet diem  beberapa saat sambil ketap ketip shock liat barang yang di hancurin di kanada di serbu ibu2 di sebelahku.. mau ngomong tapi gimanaaaa... tapi pas lihat si kecilnya yang lucu digendongannya, kok ya gimanaaaa...

Aku selalu bilang.. jadi agen ga jadi agen, pembalutnya yang penting dipake.. cari infonya, apa sih bedanya..
kenapa yang dulu.. coba masuk ke ECOLON deh.. disana sangat sistematis.. kalo masih lom jelas.. coba ngelamar aja di tempat pendaur ulangan kertas. Ntar kan lihat sendiri bagaimana koran yang cetaknya pake timbal itu disulap jadi barang2 sekali pakai kita. Masih ditambah chlore pula biar putih.. Timbalnya ilang ngga ya.. minyak gasnya ilang ga ya..

Yang jelas.. aku ga mau ah..
Aku lagi nunggu2 diapernya yang bakal keluar akhir tahun. aku bener2 ga sreg sama diaper tanpa tanggal kadaluarsa ini.



Duh, maap ya.. sharenya ceplas ceplos begini..

8 comments:

  1. Hmm iya betul itu,aku juga pake pembalut Lovemoon,mahal sih tapi jadi gak terasa mahal kalo inget investasinya buat tubuh kita sendiri.. Soalnya aku juga haidnya cuma bentar jadi gak masalah,aku pribadi nunggu2 datangnya diapers lLovemoon 4 my precious.. Segala buat dia kan selalu yang terbaik, kenapa sekarang nggak??...

    ReplyDelete
  2. kutipan singkat aja dari linknya ECOLON:
    Sebagian besar industri kertas menggunakan pemutih yang mengandung klorin. Klorin akan bereaksi dengan senyawa organik dalam kayu membentuk senyawa toksik seperti dioksin. Dioksin ditemukan dalam proses pembuatan kertas, air limbah (efluen), bahkan di dalam produk kertas yang dihasilkan.
    Industri kertas menggunakan air dalam jumlah yang sangat besar untuk membilas zat kimia dan senyawa yang tidak diinginkan dari pulp. Oleh karenanya air yang telah digunakan mengandung berbagai jenis zat kimia berbahaya termasuk dioksin. Meskipun konsentrasi dioksin sangat kecil di dalam air limbah, tetapi pabrik terus beroperasi dan terus menghasilkan dioksin sehingga konsentrasinya dalam air akan terus bertambah. Dioksin adalah senyawa organik yang sukar terdegradasi dan konsentrasinya akan berlipat ganda jika masuk ke dalam rantai makanan karena adanya proses biomagnifikasi. Hal ini menyebabkan konsentrasi dioksin di dalam jaringan tubuh hewan air menjadi ratusan kali lebih besar dibandingkan di dalam air tempat hidupnya. Sebuah penelitian EPA berjudul “the National Study of Chemical Residues in Fish” menemukan bahwa ikan yang ditangkap dari perairan di sekitar industri kertas mengandung dioksin dalam konsentrasi yang lebih tinggi dari di daerah lain.
    EPA memperkirakan sekitar sepertiga dari dioksin yang terbentuk terserap oleh produk kertas yang dihasilkan termasuk kertas penyaring kopi, kertas tisu, popok bayi, dan piring kertas serta produk lain seperti tisu makan, kertas toilet, karton pembungkus susu, kertas kantor dan pembalut wanita. Dioksin dapat bertahan di lingkungan dalam waktu yang lama (persisten) sehingga akan terakumulasi dalam tanah dan hewan termasuk manusia (bioakumulasi).
    Dioksin adalah salah satu jenis organoklorin yang memiliki empat klor, dua oksigen dan dua cincin benzena. Klor adalah unsur halogen yang sangat reaktif sehingga mudah bereaksi dengan senyawa organik maupun senyawa lainnya. Sebagian besar organoklorin menimbulkan efek toksik seperti dioxin dan furan. Zat kimia mematikan ini ditemukan dalam konsentrasi tinggi di daerah masyarakat pesisir yang mempunyai pabrik pulp (Powell River, Squamish, Duncan, Nanaimo, and Campbell River).

    ReplyDelete
  3. eh.. dah bangun ya dhir..
    dulu aku pikir juga mahal.. tapi setelah pikir2 ulang ternyata ngga mahal..

    kalo inget2.. aku kalo pas haid, beberapa hari sebelumnya udah berasa ga enak semua. Yang cape, yang lemes, yang bete, yang baju terasa ga enak semua dll..
    Trus tambah dekat mulai pegel2 disekitar pinggul dan kram ringan di perut (thx God aku ga pernah yang sampe terkapar gt..), lalu pegel2 di lengan, betis.

    Trus inget2 kalo pas mau haid sampe haid, selalu beli sangobion, hemobion dkk itu.. satu hari satu. belum panadol kalo pas drop setelah haid. Kebiasaanku kalo lembur pas haid setelahnya bisa demam ringan sama sakit kepala.

    Trus kalo mau hitung2, kalo pas hari2 biasa kalo ngedesain bisa dapat 11 desain/hari, kalo pas haid seminggunya bisa cuman dapat 4-5 desain sehari.. aku udah tau sih, emang kinerja berkurang kalo pas datang tamunya.. soanya duduk ga enak semua. belum lagi kadang bete.. mau ngejawab n nemuin klien jadi malas bawaannya.

    kata suamiku.. "duit berapa itu hilang!!" gitu katanya..
    ya itu.. aku pikir2 lagi .. kayanya ngga mahal deh dhir..
    kalo temenku yang biasa kalo haid sakit sampe pulang ga kerja (property).. dia dah kehilangan banyak lho.. diluar kehilangan itu dia bilang, kalo sakit ini ada yang bisa hilangin aku rela deh bayar 100.000
    kalo hilang selamanya kau mau deh bayar berapa aja..
    kok ya untungnya pas dia pake ini (sebelum aku), 3 bulan pertama katanya sakit banget, lewat itu berangsur2 pulih n sampe sekarang udah bulan ke 9 ngga pernah sakit lagi.

    Katanya di solo ada pengusaha batik yang kasih lovemoon buat pembatik2nya, soalnya kalo pas masa haid, batik yang selesai berkurang 30%. Lucuuu..

    ReplyDelete
  4. cie irene, aku ngerasa gak ada apa2nya deh dibandingkan cie irene yang sampe sangat memperhatikan keperluannya re... bener2 salut ya... cuma memang yah kita sebagai ibu2 biasanya cari harga kalo bisa yang murah.. yang penting anak gak kenapa2 pake.. soalnya memang sekarang yang namanya hidup itu udah tambah susah.. apa2 mahal.. kadang aku juga berpikir.. kalo misalnya orang gak mampu tapi harus bayar mahal2 itu gimana ya.. meskipun itu untuk anak sendiri. Yah aku cuma bisa berdoa banyak2 sama Tuhan,... supaya anakku ini meskipun mamanya gak cermat banget, semoga bisa tetep sehat dan pertumbuhannya baik... bener2 salut sama cie irene...

    oya mo share tentang pembalut lovemoon.. aku udah coba juga.. tapi kok malah iritasi ya.. kulitku gak tahan mungkin sama bahan di pembalutnya (jadi bukan permasalahan hadinya ato di Vnya... tapi di kulit sekitarnya... )jadinya skarang aku gak pake... ada gak yang pernah ngalami gitu ya... aku 2 bulan pk lovemoon sampe akhirnya skarang gak pake, kulit di sekitar V ku udah baikan... Ya mungkin namanya seperti obat juga cocok2an ya...

    thank you sharenya cie... ini mengingatkan aku untuk lebih cermat lagi dalam merawat anakku..

    ReplyDelete
  5. Re...ada tuh diaper buat baby, namanya Bumwear dari Singapore. Diapernya bisa dicuci jadi ga perlu beli popok skali pakai. Bahkan bisa dipake sampe baby umur 5 tahun. Aku sih pengen banget, tapi oh tapi...harganya mahal banget booo. Masih mikir2 mau beli. Karena gimana ya, ada hal2 lain yang mesti diduluin juga. Tapi gue tetep punya niat dalam waktu deket beli ini produk. Please check http://andarastore.multiply.com

    ReplyDelete
  6. Oh nanti bakal ada diaper-nya ya? Kapan kira2 M'? Terus kalau tisu ga bagus, kita mending pakai apa kalau ke toilet? Thx ya...

    ReplyDelete
  7. mba iren, udah lama banget aku gak maen ke MP mba iren...seneng liatnya karena udah berganti wajah dan produk2nya juga bagus2...(walau belum pernah jadi buyernya hehehe)
    blognya juga bagus2 mba....eh aku panggil mba, cie, atau sis nih ;-)
    soal pembalut kesehatan ini, lovemoon ... apa sama dengan ava*l ya mba?soalnya aku pernah dikasih tester sama temenku, dan bentuknya tipiiss gitu, trus kayak ada rempah2nya ya, jadi kewanitaan kita kayak berasa ada mint2nya gitu hihihi, gimana yak ngomongnya, seger2 "pedes" gitulah ;p

    ReplyDelete
  8. mba iren, udah lama banget aku gak maen ke MP mba iren...seneng liatnya karena udah berganti wajah dan produk2nya juga bagus2...(walau belum pernah jadi buyernya hehehe)
    blognya juga bagus2 mba....eh aku panggil mba, cie, atau sis nih ;-)
    soal pembalut kesehatan ini, lovemoon ... apa sama dengan ava*l ya mba?soalnya aku pernah dikasih tester sama temenku, dan bentuknya tipiiss gitu, trus kayak ada rempah2nya ya, jadi kewanitaan kita kayak berasa ada mint2nya gitu hihihi, gimana yak ngomongnya, seger2 "pedes" gitulah ;p

    ReplyDelete