Saturday, March 14, 2009

A Blessing Hand from the Light

Seminggu ini Opa omaku datang.. yang artinya mak co kong co atau buyut laki2 dan perempuannya Renata. Renata termasuk beruntung banget punya buyut2 sepasang waktu lahiran. Udah gitu, bisa dibilang cukup sehat, pula.. walau omaku waktu meritnya aku sama meritnya adikku kondisinya sempat drop. Apalagi waktu aku hamil Renata.. keluar masuk RS, hampir lupa sama anak cucunya. Trisemester pertama kehamilanku dan trisemester ketiga masa kehamilanku, oma  dan opa tinggal bersamaku (dari luar kota).. sekarang tinggal bareng papa mamaku di Probolinggo.

Kalo opaku, buyut laki2nya Renata.. jelas masih segar bugar.. naik tangga 3 lantai masih santai2.. ambil daun jatuh di taman masih lancar.. baru 5 tahun lalu berhenti bulutangkis. Belum ada penyakit sama sekali. Banyak orang mempertanyakannya.. Selalu aku dengar opa menjawab.. "kuncinya? hidup sehat, jalan setiap pagi dekat pepohonan, minum air putih banyak dan jangan berpikiran buruk tentang orang lain. Biarkan pikiranmu tetap fresh, tekanan pada jantung juga berkurang".

Renata suka banget sama opaku ini.. sering Renata ajak ngobrol n minta gendong. Aku lihat.. cara menggendongnya masih lebih mantap dari suamiku.. hahaha...
Cara opa mengambil Renata dari lantai juga ngga ada suara apa2 dari mulutnya.. kalo suamiku kan masih.. "uuukk ahhh..!!" psssttt!!!..

Nah kemaren ini oma datang dengan kondisi menurun.. batuk2 terus sampe cekung. Ga tega liatnya. Orang2 juga pada sibuk.. akhirnya kita yang bantuin untuk antar2 oma ke dokter, lab, foto ronsen dll.. untung ga sampe opname.. dan waktu oma pulang kemaren, udah jauh agak mendingan. Udah bisa ngomel2 macam2.. raut wajahnya juga udah lebih cerah.

Renata yang jelas seneng banget.. Seperti ada kegembiraan lebih dalam dirinya. Malam itu semua lagi nungguin opa pulang dari ambil hasil lab sama suamiku. Oma lemeees banget, duduk diruang depan. Ga lama aku dengar Oma ketawa2 ngakak sama asisten yang udah ikut mamaku dari jaman aku kuliah juga ketawa2. Aku keluar.. liat Re lagi godain Oma.. lari2, main2in tongkat berjalannya Oma. Ciluk baa in Oma..
Aku bilang "Oalaaahh ini tha yang bikin ramee.." Untung bener Re bisa bikin Oma terhibur.. walau jarak usia yang jauh banget. Aku aja belum tentu bisa bikin Oma ketawa2 ngakak.. agak takut gangguin orang sakit.


Aku bilang sama Re.. "Co lagi sakit kok digodain Re.. didoain kek supaya lekas sembuh.. diberkati kek.."




Ga lama kok suasana agak diam.. aku intip, ternyata Re lagi 'ngedoain' Omaaa..

Seriuuuuss banget. Ga tau Re doa apa. Langsung aku ambil kamera n jepret2.












Serius banget ya wajah Re..
















Ga lama aku lihat re menghampiri mba.. "Ooo.. mau doain Bibi.. boleh2.. " aku denger Mba menjawab.











HIks.. aku ga bisa bilang apa2 deh.. Cute bangeeett.. Kapan hari ada temen aku yang mau ke singapore untuk operasi tumor. Dokter bilang tumor itu harus dikeluarin. Jadi karena mau operasi, dia pilih singapore aja.. apalagi ada beberapa masalah lain yang riskan banget dalam tubuh dia kalau operasi. 

Beberapa hari sebelumnya, dia kerumah untuk share dll.. Re juga melakukan hal yang sama ke dia. Ditengah2 nenen, dia mau2nya bangkit dan berdiri meninggalkan nenennya hanya untuk memberikan berkat. Temen aku sampe terharu banget. dia bilang " So blessing.. huuhuuu.. aku merasa sangat diberkati.. "
Aku bilang dalam hati.. semoga emang you can be the light untuk orang2 disekitarmu ya Re.. Semoga emang apa yang terjadi karena ketulusamu itu berdampak besar untuk orang2 disekelilingmu.
Aku lega sekali waktu teman aku ini call n bilang kalo ga jadi operasi, dia hanya perlu meminum obat selama 6 bulan dan kembali ke singapore.

Orang pertama yang mendapat 'berkat' ini tentunya adalah aku. Kaget? Iya..
Re mungkin melihat ini dari kung2nya. Papaku... Papa memang suka memberkati kami semua.. anak2 cucunya, mantu2nya setiap kali kami akan berpisah. Entah kami yang melakukan perjalanan.. atau Papa yang akan melakukan perjalanan. Kelihatannya Re menangkap sesuatu yang indah dibalik itu semua. Aku sangat percaya anak kecil sangat dekat dengan Tuhan. Malaikat melindungi para bayi dan anak2. Ketulusan masih terpancar kuat pada wajah mereka.




Re.. Mom sangat bersyukur Re ada dalam hidup Mom..
Re sangat bercahaya..
Mungkin buat Re,.. Mom adalah matahari Re..
tapi kalau Mom boleh bilang..
Re yang adalah matahari.. dan Mom adalah bulan.
Re tau kenapa?
karena sebenarnya seluruh sinar yang terpancar dalam kehidupan Mom.. itu semua berasal dari Re..
Kekuatan yang Mom miliki, berasal dari Re
pantulan sinar yang ada diwajah Mom.. itu pantulan sinar kebahagiaan karena kehadiran Re, sang Matahari Mom...
Re selalu bisa memberikan secercah sinar yang bisa Mom pakai untuk menyinari gelapnya malam yang Mom hadapi. Bulan mendapatkan sinarnya dari matahari.. sehingga dia mampu menyinari kegelapan, kaann...
Karena Re.. Mom memiliki kekuatan lebih yang membuat Mom bisa melihat dengan baik segala sesuatu yang Mom hadapi dalam hari2 Mom..



U are the light, girl..
Tuhan sudah memberikan seluruh cahayanya padamu untuk menerangi hidup Mom..

God bless you, My Renata


10 comments:

  1. Renata pinter skali....^__^
    Kecil-kecil udh bisa beri contoh yg baik & tau pada siapa harus berserah.
    God Bless u Re & Family :D

    ReplyDelete
  2. Re oh re..Lucu bgt..Imut,gemesin.Ni bacana smp tharu bgt...Puji TUHAN y Re 'dipake' sm Tuhan..Smoga deh,dpt mjd terang bg sesama,amin...

    ReplyDelete
  3. jaket na, jaket naaa *yuki tunjuk2 tudung jaket re*

    ReplyDelete
  4. aduh...Re pinter banget ya, ren...God bless u, Re...

    ReplyDelete
  5. mpe terharu neehh bacanya... bener2 berkat Tuhan yg ruar biassaaa.. Gbu..

    ReplyDelete
  6. terharu saya baca nya mom:-)
    waahhh nich butik nya blum buka ya:-)

    ReplyDelete
  7. wahh.. Re pinternaa...
    Sweet bgt..
    Btw, jaketnya lucu cici.. Beli dmn =D? Hihi..

    ReplyDelete
  8. renata pinter bgt ya.. jadi terharu bacanya.... Gbu

    ReplyDelete