Friday, March 6, 2009

FTM tapi FTW, mungkinkah?


Tadi ada rame mom's chat di YM..
pada curhat FTM ke aku. Pas jadi FTM, kepikiran FTW, pas jadi FTW.. pengen jadi FTM mendidik sendiri anak2.
Nanya ke aku kok bisa Full Time Mom. Apa ga kepikiran duit sebelumnya? nanya juga kondisiku secara gamblang kaya apa dulu dan sekarang (tau gitu tadi konferensi aja ya).
Semua bermula dari catatanku untuk Renata. Sebenernya sih itu bukan tentang Full Time jadi Mom, sih.. itu hanya karena ada orang cerita di milis, anaknya nanya ke mamanya (lihat mama tetangga berangkat kerja tiap hari), "kenapa mama tidak bekerja". Mungkin suatu saat aku akan mendapati pertanyaan dari Renata, "kenapa Mama ngga kerja (ngantor, maksudnya)".

Hei hei..
jangan salah lho..
aku ini Full Time Working Mom juga..
kalo ngga, lak aku ga jualan lho..
ga buka studio foto, ga terima bikin label baju dari kalian..
ga produksi nursing stuff, ga cari2 kain..
ga bikin logo2 dan maskot2 perusahaan..


Emang pertama kali aku memutuskan resign dari kerjaan asal, itu berat bgt. Karena itu sebuah bagian dari prestasi juga. Aku bukan orang yang mengejar uang.. Tapi aku suka mem-push diriku untuk terus berprestasi. Untuk resign mungkin memang aku ga butuh pertimbangan sampai kaya gimana gt.. Tapi tanggung jawabku disana bagaikan orang no 2. Tapi begitu ada pengganti.. aku out.
Kenapa terlihat semudah itu? Aku punya pertimbangan dalam tentang hal ini. Hmm. mungkin karena aku udah menginginkan hal ini sedari aku SMA. Aku suka bgt kerja.. Suamiku bilang aku workaholic..

Dulu waktu di studio suami, bisa seminggu cuman 2 hari kita pulang rumah. Sisanya diam di Ruko (studio), desain.. desain dan desain..
retouch.. retouch.. n retouch..
Bikin sesuatu yang baru..
Itupun pulang kerumah karena suami ingin aku ga mikir kerjaan aja..
Begitu Renata hampir lahir.. aku membawa komputer induk studio ke rumah. Buka speedy dan pantau kerjaan anak buah bagian desain via internet (sebenernya ini awal mula aku iseng kerja online). Tapi ada sisi psikis yang aku pertimbangkan untuk anak, sehingga pertimbangan ini naik menjadi yang terutama.

Dan aku mulai kembali menerima orderan graphic design.
bikin maskot, logo .. hmm. asik bgt.
Abis itu alas ompol pembuka jalan datang..
Jualan alas ompol karena gemas dengan kulitas alas ompol jaman modern (yang lebih cenderung asal gambar bagus.. tapi bayi basah).

Ternyata berkembang sampe kaya gini..
Terus disela aktif dalam membantu new mom untuk laktasi dan relaktasi (menyusui kembali), aku bikin nursing apron.
Terinspirasi dari skoliosisku yang ngga mampu menopang Renata lama2 untuk menyusui.. aku berusaha mencari model nursing pillow yang bisa membuatku lebih enak untuk menyusui renata. Dari yang beli nursing pillow berbentuk U.. ngga nyaman, sampe cari inspirasi dengan mengikat guling ke pinggang. Sampe akhirnya bikin Nursing Pillow ini. mestinya masih ada satu ideku untuk bikin mengatasi kalian yang udah terlanjur beli pillow U.. tapi aku masih malas bikin produk baru. Ribet nyobain pola2nya, bongkar dll.

nah.. kalo aku jumlahin pendapatanku dari waktu menjadi supervisor store di salah satu babyshop besar di Sby, sama pendapatan yang kudapat dari rumah setelah menjadi FTM dan FTW (yang ini malah bener2 FTW lho.. soalnya jam kerjaku 24 jam sehari, aku bagi antara desain untuk studio, desain untuk graphic desainku sendiri, ngurusin baGGo label, riwa riwi ngurusin ke produksi n cari motif kain glondongan untuk BIG HUG nursing stuff, nemuin sales n supplier2 untuk tokonya Renata, lalu terakhir ya ngelayani buyer2 di toko Renata ini) setelah dikurangi biaya speedy unlimited.. masih lebih besar yang kudapat dari setelah memutuskan 'pulang ke rumah'.

Kegiatan lainnya ya paling2 seminggu satu-dua kali kumpul komunitas gerejaku tercinta.
Sela2 waktu itu, aku nenenin Renata, nemenin Renata main, ngedulang Renata (untung sekarang dia udah bisa pipis sendiri di potty sama mulai makan sendiri). Yang jelas, aku bisa memantau kegiatan Renata, saat dia butuh.. aku ada.

Untuk yang Mom yang mempermasalahkan pendapatan, sebenarnya ga masalah.. aku malah jadi satu contoh pendapatan setelah mengambil keputusan untuk 'pulang kerumah' hiks.. malah ternyata diberkati dengan luar biasa sama Tuhan. Ini malah suami yang tertarik join ke aku. Malah besarnya disini. Aku juga bangga bisa membuktikan sama dia kalo aku sebagai FTM bisa memenuhi kebutuhanku sendiri dan kebutuhan Renata. Termasuk biaya asuransi Renata dan aku, juga diambil dari sini. Dia cukup supply kebutuhan rumah, n nyisihin uang untuk dipake modal pameran lagi. Untuk Renatashopshop ini mungkin beberapa saat lagi akan menjadi lebih formil sedikit.. n berubah sistem sekitar 40%.. karena aku akan hire orang untuk menjalankannya, dan aku fokus ke bagian2 lainnya. Lumayan bisa bernafas lega.. dan akan lebih banyak yang bisa terlayani (maap ya Mom.. yang ga sempat aku layani). Sekarang udah ada 2 komputer di rumah, yang satunya masih paruh2 terpakai untuk renatashopshop.
Untuk amannya, memang lebih baik mencari ide, apa yang bisa dikerjakan setelah resign.

Dari dulu aku emang mau mencoba, mau menguji.. gara2nya banyak baca di milis keluhan2 ibu FTW yang pengen jadi FTM tapi bingung kebutuhan. Aku mikir2.. "Masa sih ga bisa.."
Masa FTM ga bisa sukses. Jadi entrepreneur. Home industri .. atau apa gt. Soalnya banyakan yang kutahu, diluar negeri sih.. banyak Full Time Mom yang menjadi penyumbang produk2 inovatif yang mendapat penghargaan dan mengharumkan nama mereka. Tengok saja salah produk2 diaper bag, cloth diaper, baby sling dan nursing apron di luar negeri.. salah satunya Bumwear by Mom Rita (abis ini Bighugg by Mom Irene ).

Itu kalau masalah pendapatan Rumah Tangga. Memang beda kasus kalau memang ngga bisa meninggalkan pekerjaan karena faktor2:
- memang lebih senang di kantor (seperti Nilla, yang merasa ga menjadi apa2 kalo pulang ke rumah, juga disirikin oleh mertua dan ipar.. duh.. ini yang paling makan hati)
- tanggung jawab besar di perusahaan (tapi yang ini aku juga masih tau ada temanku yang pernah di Milan, yang direktur perusahaan export import, setelah ada baby, dia resign. Alasannya mungkin terlihat simple untuk negara kita.. tapi masalahnya buat orang sana, mereka punya pandangan harus ada salah satu ortu yang menemani anak, ga bisa orang lain). Jadi dia ga habis pikir kalau aku bilang "ga kepikir pake sitter?"
"Full time sitter? Nggak, ren!! Never!!" Dia salah seorang yang menginspirasi sampe aku mempunyai pandangan2 yang sama sekali ngga terpikirkan sebelumnya. Kapan hari Mom nancy yang di london juga sempet cerita2 yang bikin aku surprise bgt.

Bagaimanapun..mungkin tidak setiap orang memiliki kondisi yang memungkinkan untuk menjadi FTM, mungkin juga ngga setiap orang berani mengambil langkah untuk out dari kerjaan sekarang, seperti kata Fivi.. Tapi aku percaya.. Tuhan memberkati anak2 kita lebih dari yang bisa kita kira. Dia yang memberi.. Dia yang menyediakan.

Aku cuman punya satu saran, untuk setiap keputusan yangn Moms mau ambil nantinya..
"Setiap keputusan/keputusan apapun, lakukan dengan sebaik2nya"
Jangan lupa berdoa.. karena ada Tangan Tersembunyi yang selalu ada dibalik hidup kita.

Sukses ya Moms..
All the Best



NB: bayangkan.. betapa menyenangkan pekerjaanku saat aku masih belum hamil.. hunting2 bareng team, bareng temen2, moto2 keliling pantai madura, bali, bromo, bukit kapur lamongan.. masuk ke tempat2 yang hijau dan pegunungan2..

apa yang aku bayarkan juga bukan sesuatu yang mudah..


















8 comments:

  1. huaaa.. jadi inget masa2 aku ma papa na yuki berpikir mo gimana setelah ada yuki.. akhir na kita mutusin buat aku jadi FTM dulu, soal na kita ga mau ninggalin yuki sama nanny.. n kita emang berniat ga mo punya nanny sama sekali (kayak ibu2 di luar negeri sonoo :p).. efek na: si papa must work harder than ever, n kita mesti berhemat hemat.. sabar2 karna belum bisa beli macem2.. pingin siy nyambi juga kayak kamu ren, tapi lum bisa.. bener2 ga punya asisten sama sekali soal na.. but someday i will.. n punya brand sendiri kayak mom rita n mom irene.. *hasyaaaah.. amiiin* hehehe.. cium buat renataaa..

    ReplyDelete
  2. mba irena..makasih ya...

    sungguh sebuah tulisan yang melegakan hati serta mambuka pikiran terutama mengusir rasa iri melihat teman-teman berada dipuncak karier dan kesenangan saat ngantor ...
    tengkyu banget ..GBU :D

    ReplyDelete
  3. :)
    Sekali lagi, keberhasilan kita ukurannya gak ada batas, karena cuma diri kita aja yang tahu, bukankan nafsu kita setinggi langit?..
    Menjadi FTM itu pilihan, menjadi WM juga pilihan, dibalik setiap pilihan tentu tersimpan resiko.
    Aku dulu bekerja, jauh sejak SMA aku udah bekerja, bisa menyenangkan diriku sendiri, sayang waktu kerjaku gak kenal waktu, kadang malam2 harus kerja, aku pikir gimana kalo aku punya anak, ternyata ada Zua juga aku gak sanggup tinggalkan dia.. Jadilah aku FTM, betul2 belum pernah pisah sama Zua 1 jam pun!!

    Aku sedih lihat teman2 yang merasa "kecil" jadi FTM atau yang merasa "gagal" karena jadi WM, buat aku bagaimanapun pilihan itu dibuat pasti sudah dipikirkan, yang penting jadi yang terbaik dari pilihan itu sendiri!!

    ReplyDelete
  4. sejak jadi FTM malah waktu kerja 24 jam hehe..apalagi aku juga buka onlen shop yg mudah2an makin gede kyk punya mba irene nih ^^

    aku juga ga mau sekadar FTM aja deh mba, memuaskan hasrat ku utk menghasilkan uang juga menggebu2 hehe..well klo aku jujur, aku mau jadi FTM tp juga menghasilkan uang..target minimal ku yah bisa belanja barang anak2 cewek tuh yg makin ga sopan lucu2 bgt hehehe target jangka panjang tentunya onlen shop kudu besar gitu...mba irene jg menginspirasikan lohhh..

    uhh jd pengen difoto mba irene nihhh hehehehe....aku suka hasil fotonya mba, 'hidup' en bercerita gitu loww...

    ReplyDelete
  5. setuju bgt sama bunda zua..

    FTM ato pun WM itu semua pilihan, dan setiap pilihan pasti ada resikonya jadi nikmati saja peran kita saat ini ntah itu kita sebagai FTM, WM ato FTW seperti Irene...

    Salud buat Ireneee...!! :D

    ReplyDelete
  6. Hebat ci Irene =D. Harapan q andaikan punya anak nnt jg aq pgn anak q diurus sama aq sendiri, tp tuetep b'penghasilan jg dr rmh. Moga2 bs t'laksana =D.*hayah harapannya.. msh luama juga =P*.

    ReplyDelete
  7. aku mau banget neeh....coming soon pastinya....thanks yah mami re....sudah menginspirasikan diriku ini

    ReplyDelete
  8. Jangan pikir jadi FTM itu kita cuman enak2an di rumah and gak ngapa2in..
    malahan jadi FTM menurutku sama sulitnya jadi FTWM karena harus bisa ngatur rumah, ngatur PRT, ngurus anak , ngatur keuangan dll.

    tapi semua itu rasanya terbayarkan dengan meliat perkembangan anak kita dari hari ke hari, melihat anak kita tambah lengket dengan kita and satu lagi, kita bisa kasih ASI sampai anak kita puas. Suami juga senang karena anak jadi lebih dekat dengan mamanya and bukan dengan babysitternya.
    Gak bisa kebayang deh ngeliat anak kita nangis ngeliat BS nya pulang kampung pas lebaran, sementara anak kita malah ketawa2 ngeliat kita berangkat kerja...

    Kalau mau di pikirkan, banyak bisnis di luar sana yang belum di olah dengan serius..
    so, kalau emang dah bulat jadi FTM, go ahead..hehehe (like me lah..)

    ReplyDelete