Monday, May 12, 2008

Catatan perkembangan - kok ga lengkap2 ya..

Duh.. jadi Momnya ini berasa ga perhatian ato ga fokus aja rasanya.
Udah komit2 mau catat setiap perkembangannya dari bulan kebulan, tapi ngga lengkap2.. sampe akhirnya setelah 1 bulan merangkak.. nunggu2 duduknya Re
ternyata berbarengan dengan MPASInya, Re berdiri.
Banyak sekali moment yang terlewat.
Menyesal sekali.. dan ternyata waktu yang kupunya emang ga sebanyak pas masih hamil dulu.

udah, deh.. setelah ini, harus makin komit, upload perkembanganmu, nak..











catatan perjalanan Re..(yang bisa tercatat) :(

11 hari mengangkat kepala 90 derajat saat ditengkurapkan dan bisa menoleh selama 5 menit
14 hari mulai ditatur (fiuuhh.. untungnya bisa)
3 minggu mulai tengkurap sendiri
1 bulan belajar membalikkan badan dari posisi tengkurap
2 bulan glundung2 diranjang
3 bulan mulai belajar maju
3 bulan 2 minggu dah bisa maju (nah.. ini jatuh dari tempat tidur)
4 bulan ngelewati/manjat bantal2 saat merayap
4 bulan 1 minggu ongkok-ongkok
4 bulan 2 minggu mulai merangkak dikit2
4 bulan 3 minggu pipis di potty
5 bulan merangkak dan mulai tidur tanpa perlak maupun diaper
5 bulan 1 minggu tumbuh gigi dan kedua tangan bisa pegang ujung kaki
5 bulan 3 minggu belajar berdiri, merangkaknya mampu dari ujung depan rumah sampe ujung belakang rumah
6 bulan 1 minggu berdiri sendiri dengan berpegangan benda (dan nyusu sambil berdiri), aku dipanggil 'Mei-Mei"... ikut daddynya kalo manggil.
6 bulan 2 minggu belajar merambat sambil berdiri berpegangan, mulai belajar ngomong Mom (setelah dibilang2in ga boleh panggil Mei-Mei.., tp masih bunyi "Mem!!"..kalo panggil aku)
7 bulan duduknya udah tegen dan bisa sendiri dan mulai tatah tatah, udah bisa naik turun kasur setinggi 25cm sendiri dengan caranya, tanpa ada bantal perantara.
Kalo mau nenen, udah bisa turun kasur sendiri, merangkak dan menjemputku didepan komputer dan memanjat kursi sambil bilang "Mom.. mom2.. Neh.!!"
Juga sudah bisa berdiri2 dipinggir keranjang baju lalu mengambil dan mengeluarkan baju2nya satu persatu ke lantai

apa ya.. yang terlewatkan lagi..
yang jelas.. duduk emang setelah berdiri, merangkak dan merambat.
Kenapa? kalo dipikir2, emang masuk akal juga dia melewati tahab ini.
Sebenarnya jawaban2 kenapa Re cukup cepat pekembangannya, salah satunya adalah di Re-nya sendiri. Dari lahir kulihat emang 'keinginan' dia yang terbesar adalah.. "going to.."
Jadi mungkin Re pengennya cepet2 bisa 'bebas' n 'punya' kaki, 'punya' tangan..
Jadi perkembangan perpindahannya lebih cepat dari perkembangan2 yang berada di tempat yang sama (padahal aku sudah siap dengan video, untuk mengabadikan proses duduknya dia.. tapi ngga datang2 juga saat itu)

Sebab lain dari beberapa perkembangan motorik yang cepat itu adalah karena stimulus yang diberikan. Dari awal kulihat beberapa bagian tubuh Re yang lebih dominan, aku coba support itu. Aku coba 'baca' kemauan dia. Akhirnya aku belikan beberapa mainan/benda yang bisa merangsang n menambah kemampuannya.

Pas 3bulanan, di baby gymnya, aku gantolin bola yang bisa keluar suara "tuiwiwiwingg..!!" atau "praaangg!!"
atao "toeeengg..!!" ato "praakk!!".. lalu Re aku letakkan dengan posisi dia bisa tendang2 bola itu. Ternyata bener, Re seneng banget, kalo udah bermain tendang2an itu, bisa lamaaaa bgt, makin lama, kakinya makin bisa tepat nendangnya, bahkan bisa menghentikan bola itu dengan kedua kaki Re.. Opaku bilang "wah.. kami belikan itu ya.. bisa melatih kakinya itu, nanti cepat kuat." moga2..

usia hampir 4 bulan, Re aku belikan kolam berdiameter 1.20m.
jadi sejak saat itu, Re kalau mandi=bermain dan berenang.
Nyeburnya sama Momnya, jadi Momnya harus mandi dulu kalo mau mandi sama Re.
Abis itu ya udah, main sama re dalam kolam.
Kolam ini juga yang sedari awal ngelatih kaki2 Re. Caranya..
Re di'giring' untuk ambil posisi persis kalo kita mau start berenang gaya katak/dada.
Jadi kedua kaki re dipepetin ke dinding kolam, lalu nanti kan Re menjejakkan kaki, kalo udah menjejakkan kaki ini, kita 'terima' reaksinya dan mengikuti pantulannya, membawa Re menjauh sesuai pantulannya.
dari sini dia bisa belajar memantul, mengerti akan daya pantulan, merasa senang dan melakukannya berulang2, yang tentu saja akan menguatkan otot2 kakinya. Dan aku juga senang sekali liat Re ketawa2 meluncur begitu.

Aku masih belum merasa perlu membawa Re ke kolam renang.
Aku melihat, lebih banyak kerugiannya dibanding keuntungannya.
kerugiannya:
1. airnya belum tentu bersih, selain kaporit, kalo mau paling bersih, harus hari dimana baru aja dikuras
2. terlalu terbuka, lebih banyak angin
3. lebih berbahaya
4. lebih mahal
5. kalo ikut umum, aku kok ya masih belum tega membiarkan kulit Re terkena 'pipis'nya orang2 tak bertanggung jawab dikolam, aku aja kalo mau nyebur sama re, bersih2 dulu.

ada keuntungannya sih dibawa ke kolam renang, tapi aku rasa, kalo dibanding kerugiannya, aku masih lihat lebih besar kerugiannya. Aku hitung2 dengan suami, biaya mengisi kolam Re setiap harinya, dengan biaya masuk kolam Renang+biaya transportasi+waktu yang dipakai, sepertinya juga masih lebih murah mengisi penuh2 kolam Re.




16 comments:

  1. waah..Re udah berenang ya...
    mbak, kalo pake kolam-kolaman gitu tinggi airnya segimana ya?

    ReplyDelete
  2. waaaaaaaaa...gendut banget sih mba si re...gemez jadinya..

    ReplyDelete
  3. Ren, Re cepet jg ya perkembangannya. Soalnya anak cece iparku, baru merambat berdiri pas 1 taon. Tapi emang dia udah bisa duduk. Mungkin ada bagian yg cepat, dan yg terlambat kali ya...

    ReplyDelete
  4. kalo aku lagi pengen bawa 'berenang' ya aku penuhin, cuman musti ekstra ati2, kalo cuman mandi biasa, aku isi 10cm-an, yang dianya bisa duduk sambil main2, yang penting ya cukup nyaman buat meluncur.. hehe, diliat aja anaknya, mampu seberapa..

    ReplyDelete
  5. sekarang dah ga segendut itu, sis.. itu pas foto dia pertama2 mandi di kolam karet, 2 bulan lalu.

    ReplyDelete
  6. Rere... pengin digigit nih pipinya.. abis lucu banget...
    du... tak towel towel pipimu ya...
    Kok cepet banget tengkurap, merangkak.. mamanya makan apa sih selama Re masih di kandungan..
    Gemes deh...

    ReplyDelete
  7. panjang ceritanya sis.. bukan masalah makan aja kayanya.. ada stimulasi psikologisnya jg yg ikut mempengaruhi .
    kalo masalah makan.. apa ya.. kayanya ngga ada bedanya sama yang lain, yang bedain cuman sarang burung aja, kali..
    re ini juga sedikit uji coba kok.. mau meneguhkan kesaksian dari kakak seniorku di pelayanan.
    udah ada produk pertamanya dari dia, hihihi..

    ReplyDelete
  8. Uji coba apa nih Mba..
    bisa dicoba nih buat dede yg mau lahir...

    ReplyDelete
  9. uji coba kemajuan baby n perkembangan2nya, vi..
    huhuu.. panjang vi.. tar aja, kalo pas sempet aku share2.
    Ini masih diseriusi juga sampe satu tahun pertama, lewat itu masih diterusin ke 5 tahun pertama.
    yang anak seniorku itu juga luar biasa banget, vi.. kemajuan motorik, kedewasaan pikiran n pengendalian dirinya juga bagus. Kondisi keluarga mereka juga sama dengan aku, sak ideologinya juga.
    sepasang orang tua tanpa baby sitter, ASIX dengan bonding kuat dan pengasuhan penuh dari Mom n Daddynya. Yang jelas, kalo kepercayaan diri anak besar, rasa aman dapat, tenang, perkembangan ngga terhambat. Ini berlaku sejak dia dijadikan dalam perut lho ya.. Rasa diterima dari awal udah pengaruh bgt

    ReplyDelete
  10. Hebat ya... masih janin tapi efek psikologisnya luar biasa..

    ReplyDelete
  11. Cepet banget perkembangannya Renata. Anakku hampir 5 bln tapi belum bisa tengkurep sendiri, kalo ditengkurepin dia marah. So far sih tendangannya kenceng, ngocehnya juga udah banyak...
    Renata punya daily schedule nggak? Di share dong Ren... Biar bisa dicombain ama punyaku.

    Seneng ya bisa ngurus anak sendiri, bisa liat perkembangannya secara detil. Pengen sih, tapi mengingat kerjaanku nggak terlalu sibuk, sayang juga untuk ngelepas...

    Sun tayang buat Renata ya sis...

    ReplyDelete

  12. Duh foto yg disini pengen kucubit... mukanya muka nakall hihihhi

    ReplyDelete
  13. reeei skarang gmana udah bisa duduk-kah..? aya udah bisa walo emang merangkak duluan, berdiri sendiri baru duduk deh. kayanya duduk emang butuh proses yg aga lama yah.. ntar kl udah bisa duduk sendiri tambah lucu loh, jgn lupa di jepret ya mom.. aya semenjak bisa duduk sendiri bgitu bangun tidur langsung duduk mojok sambil celingak celinguk nyari ayah bundanya. hehehe...

    good nite rei.. :)

    ReplyDelete
  14. hai sis.. Renata ngga punya today schedule.. secara aku ini bukan orang yang terjadwal (duh.. ini salah satu kekurangan terbesarku.. gimana ya..) schedule yang sis butuhkan apa aja n buat combain untuk apanya sis?
    Kalo untuk kemajuan, mungkin Renata bertumbuh dari support, sentuhan, komunikatif dan stimulasi sis..
    Meski aku ini ngga terjadwal orangnya.. rada kacau maksudnya, tapi ya udah.. difokusin ke hal yang lain, seperti dukungan, sentuhan dll itu.

    Hiks.. aku ngurus anak sendiri karena udah keputusan n prinsipku dari remaja, sis..
    Jadi buat aku, mending aku lepas semuanya tapi aku bisa dampingi 5 tahun pertama anak. Makanya aku ambil keputusan untuk back to home, hihi.. ngga peduli gimana nantinya, cuman bawa percaya aja.
    Soalnya prinsip n dasar pemikiran aku begini:
    Tuhan memilih orang tua untuk menitipkan anak, aku yakin, untuk menitipkan anak2Nya, Tuhan pasti mempertimbangkan kapasitas, kemampuan, karakter, kapabilitas dll yg ada pada kita.
    Jadi menurutku, kalo Tuhan sampe pilih aku untuk jadi Ibunya (yang artinya adalah induk, pengasuh, teladan), berarti, Tuhan berharap dengan karakter dan segala yang aku punya yang ada dalam diriku, aku dipilih karena Dia berkenan dan melihat bahwa apa yang aku punya, 'cocok' dengan apa yang Dia inginkan dari diriku untuk membesarkan anakNya. Jadi, kalo aku titipkan ke sitter ato pembantu, nenek dll.. kan yang tertanam dlm diri si anak berasal dari karakter, kata2, cara bicara dan mencontoh 'model' yang dia lihat didepannya. Padahal bukan orang itu yang Tuhan titipi.

    Uang sih juga masalah, hanya.. aku lihat kita memang punya 2 pilihan berat.
    Tapi aku melihat, pendampingan dari orang tua banyak membuahkan hal2 berharga yang suatu saat nanti bisa berkali2 lipat nilainya dibanding uang yang kita dapatkan.
    Masalah, moral, mental, kepercayaan diri, rasa aman, kebahagiaan, ikatan, pola pikir, kemampuan memotivasi diri.. dan hal2 lain yang bertumbuh dari pendampingan, ngga bisa dibeli dengan uang, dan banyak anak2 yang ngga memiliki hal2 diatas, membutuhkan lebih banyak uang dimasa depannya akibat apa yang mereka lakukan dikemudian hari.

    Itu pola pikirku dari sejak aku masih gadis sis..
    apalagi, aku dibesarkan olah pembantu, keinginan terbesarku adalah.. Mama ada dirumah lebih sering dan mengerti apa yang aku alami.

    ReplyDelete
  15. udah Ra.. pas 7bulan, udah tegen duduknya. Sebelumnya sih dia udah duduk, tapi masih model cleopatra gt, jadi ngga aku anggap duduk. Pengennya liat yang duduk bener2 duduk.. ternyata emang luuuucuu, Ra.. kok bisa ya kaya gt. Pas berdiri aja lucunya ampun2, pas duduk.. kaya gmn ya.. mak plok gt..

    ReplyDelete