Saturday, May 10, 2008

POTTY TRAINING - postingan di milis AFB

Dear, mom..

aku posting disini aja ya.. berhubung ada beberapa Mom yang japri ke aku nanya2 sejak aku cerita ttg potty trainingnya Renata (5m27d.. yang mau MPASI, nih..),

moga2 membantu. Ini ala aku aja kok Moms.. ga belajar dari siapa2.. cuman dari orang tua aja, Oma n Buyut laki2nya Renata, yang biasa dingedumelin apa.

Soalnya di keluargaku, (yang aku tau sendiri), sebelum 1 tahun udah ga ngompol lagi, dan begitu bisa bangun sendiri/jalan sendiri, udah turun ranjang sendiri untuk pipis di pottynya.

 

 

Hal2 yang perlu dipegang/diperhatikan/diperlukan:

-          TANDA-TANDA. Demikian halnya dengan lapar, seharusnya tiap baby udah dibawain tanda2 n reaksi2 kalo mau pipis.. nangis kalo mau pipis, nangis kalo lagi pipis, nangis kalo udah pipis (karena basah)

-          PERAN KITA. ibu yang harus cari/tau/niteni/perhatikan habitnya si anak gimana. Aku sih dapet pas Re umur seminggu.. aku liat dia kalo mau pipis musti nangis. Dan pipisnya bisa sekitar 1-3menit sejak mulai nangis. Wah.. kupikir.. bisa dipake nih (maksudnya dibiasakan.. belum pake istilah tatur sih.. kan masih coba).

-          PENGENALAN & PEMBIASAAN. Awal2 tatur belum bisa disebut tatur ya.. karena ini adalah proses pembiasaan n pengenalan terhadap bbrp hal seperti:

o         pengenalan area pipis-pada akhirnya dia akan tau kalo dibawa kesana berarti untuk pipis, selain itu dia akan lebih nyaman (sama aja.. kita juga kalo pipis di kamar mandi sendiri juga lebih nyaman kan diperasaan daripada pipis di tempat lain)

o         pengenalan tempat pembuangan-pipis digendong, pipis duduk di pottynya, akan jadi berbeda buat dia.. bahkan pipis dicelana, akan jadi beda untuk dia setelah dia biasa pipis di potty (terbukti.. Renataku ada marahnya kalo dia mau pipis n aku ga antar sehingga terpaksa buang pipisnya di celana)

o         bunyi pssss… itu berarti tatur dia untuk pipis-lama2 dia akan belajar kalo bunyi psss.. itu berarti dia ‘harusnya’ pipis

pokoknya awal2 itu cuman sebagai pembiasaan n pengenalan aja. Mungkin di awal2 dia malah akan bertampang bengong, ngapain sih Mom? Mungkin juga akan nangis karena merasa ga nyaman, kitanya kan juga harus nyaman, rilex, santai, tepat.. kaya kebiasaan menggendong. Mungkin juga akan diketawain. Aku sendiri pernah ngalamin dua2nya.. nangis/marah.. juga diketawain, dipikir ngelucu sama dia. Tapi seiring berjalannya waktu, rewards(penghargaan2) kita berikan pada waktu dia pipis, dan berkata “ayo pipis.. pssss…” dll.. atau “yaa.. ade ga pipis ya.. nanti kalo mau pipis bilang ya” atau kalo sudah terlanjur pipis,”yaa.. celananya basah.. pipisnya kok dicelana” atau kalo dia udah panggil2 tapi kitanya yang ga ngeh, “waduh maaf ya.. mom ga ngerti kalo ade mau pipis.. jadi ga antarin, waduh, celananya jadi basah gini..” dll.. Anak bisa nangkap kok dari body language kita, meski dia belum ngerti kita omong apa. Diharapkan ibu komunikatif.

 

TIPS UNTUK AWAL2 tatur supaya kita bisa kasih rewards (berarti kan harus pipis, kan.. dia), pas tanda2 sudah ada.. (makanya.. yang penting dari kitanya).. langsung coba bawa dia ke wastafel.. setelah ini yang aku bilang proses coba2 n penyesuaian tadi. Tapi kalo tanda2 udah kenal n dapet sebenernya 70% dia akan pipis. Dan saat itu berikan rewards.. bergiranglah..

“duuhh.. pinteerr,.. duh mom seneng sekali dede bisa pipis disini”

“sip de.. celananya ngga basah.. ade pinter, mom bangga deh..”

Nanti kan dia bengong2 atau senyum2 liat kita bertampang girang gt. Itu tertangkap di memory dia. Lama2 dia akan tau kalo apa yang dia lakukan itu tepat.

 

 

SEKARANG BARU NAMANYA TATUR..

Setelah ketiga hal diatas bisa terlaksana.. disinilah peran kita sepenuhnya. Niat kita, kemauan kita, perjuangan kita.. Masih malas ngga kitanya. Soalnya setelah ini adalah adalah tahap membentuk polanya/karakternya/kebiasaannya. Perjuangan sebenarnya ada disini.

 

TENTANG POLA - pemikiranku

Masalah pola.. ini jalan pemikiranku:

tahapan potty ini sebenernya dari dua pihak ..

si baby udah dibawain reflek alarm sebelum pipis.. dari tanda2, mimik dll

kita yang wajib 'catch' itu. Lalu ngarahin ke arah yang tepat.

Kalo alarm udah mati itu berarti proses 'pembentukan karakter' dlm hal itu bisa dibilang udah terbentuk.

Kalo udah terbentuk ini yang susah.. soalnya bayi sama kaya kertas kosong.. udah ada garis2nya yang dibawain sama Tuhan yang udah jadi petunjuk kita 'nulis'nya kearah mana.

Tapi kalo dari pertama nulis kita dari atas kebawah terus, nangkepnya dia.. emang cara nulis itu melewati garis dan dari atas kebawah.. bukan lurus mengikuti garis.

Nah, sedang kita memaksakan pola seperti itu ke dia selama beberapa lama.. suatu saat kita berpikir.. "pola sebenernya harus mulai ditegakkan.." lalu kita 'paksa' dia untuk ubah pola yang udah dia tangkap selama ini..

Rasanya kok kasian ya..

Aku teringat waktu aku masih kecil.. setiap hari dianjurkan makan otak sapi. Diperkenalkan dengan usus2an/jeroan. Wuih.. enak.. aku suka banget n aku liat mereka sengang sekali dari raut wajahnya melihat aku suka dengan apa yang mereka tawarkan.

Suatu saat menjelang remaja, tiba2 mereka dengan tegas ngga mengijinkan aku makan itu. Pertama2 mereka ga pernah kasih aku makanan seperti itu. Tapi karena udah jadi pola, aku kangen juga n minta..

ternyata ga dikasih.. suatu saat minta lagi.. ngga dikasih n tegas bilang kalo aku ga boleh makan kaya gt2. Aku inget betul yang ada dalam diriku waktu itu, aku bingung, kenapa sih.. aneh..

Lalu aku ttp kepengen juga kadang.. ya udah, pas diluaran beli, dan kulihat mereka marah banget.

Ternyata toh mereka menghentikan karena aku mulai dewasa n diharap makanan2 yang kolesterolnya tinggi mulai dihentikan dan di stop.

Sampai beberapa lama masalah pola ini meski sudah berhenti, tapi range toleransi untuk hal ini masih terlalu lebar, karena pernah menjadi 'sahabat'.

Beda dengan temenku yang dari kecil ternyata keluarganya sudah memberikan batasan n menanamkan bahwa makanan itu lebih baik ngga dikonsumsi. Buat dia ngga terlalu berat untuk mencapai kondisi pola lurus itu. Tapi buat aku, itu perjuangan berat.

 

Suatu saat waktu udah dewasa waktu aku ingat2 hal itu aku merenung n berpikir,.. berat sekali buat aku, seperti siksaan.. 'melawan daging'. sangat kusesalkan. Buat aku, lebih baik ngga pernah mengijinkan aku berkenalan dengan pola yang salah akan jauh lebih baik untukku, akan jauh lebih ringan buatku. Kenapa ngga ditegasi dari awal n kenapa ngga dari awal jangan memperkenalkan aku dengan pola yang salah lalu suatu saat menstopnya dan memaksa aku melakukan pola yang lain yang sebenarnya mereka sudah tau bahwa pada akhirnya pola itu yang akhirnya harus kupakai.

 

Aku juga pernah liat adikku yang paling kecil. Dari kecil sih lucu ya minum kopi. Orang juga geli kecil2 minum kopi. Tapi suatu saat ngga boleh lagi, dia nangis sampe teriak2 ngga ngerti kenapa ga boleh lagi. Keliatan banget dari matanya.. sakit, hatinya. Pas dari awal lihat aku sudah was2, pas kejadian terakhir, aku geleng2 kepala.. Kalo gitu itu mau nyalahin siapa? dari awal sampe akhir jadi korban, pihak yang tersiksa ya dia. Yang mestinya bisa jalan lancar, malah ngasih luka batin dalam diri anak.

Buat aku, ketegasan itu susah.. selalu ada korban, selalu ada hati yang kena, yang negasin juga ga enak, yang ditegasin lebih ga enak lagi.. jadi mending bawa lurus dari awal... dalam segala hal..

 

 

Balik.. ke TATUR

-          Sebenarnya, kalo kita bisa menyusui si baby setiap beberapa jam sekali/ pada saat si baby membutuhkan, seharusnya kita pasti juga bisa mem-pipiskan baby kita setiap dia membutuhkan pula.

-          Kalo kita bisa turun dari tempat tidur untuk mengambil atau mengangkat-apabila dia tidur bersama kita, atau membawa dia untuk disusui.. sebenarnya kita juga bisa turun dari tempat tidur untuk mengambil atau mengangkat-apabila dia tidur bersama kita, atau membawa dia untuk dipipiskan/tatur.

-          Sama seperti kita lama kelamaan mengerti tanda2 dia haus, seperti itu pula lama kelamaan kita akan mengerti tanda2 dia ingin pipis..dari gerak geriknya, dari mimiknya, dari tangisannya, juga dari waktunya (yang terakhir rada ga valid.. tergantung banyaknya minum, banyaknya pipis terakhir dan dingin panasnya suhu)

-          Karena baby belum bisa mencapai tempat pipisnya sendiri, membuka celananya sendiri dan bahkan kadang belum bisa duduk sendiri seperti Renata, proses keberhasilan sepenuhnya ada ditangan kita. Aku sendiri, yang walau udah ga pake perlak, alas ompol ataupun diaper, kadang dalam hati kalo udah ngantuk banget, maunya mending ranjang diompolin daripada bangun, deh.. Untungnya suami juga mau bantu, kalo aku kecapek’an.. “tolong pipisin Re, ya..aku ga kuat bangun, nih..” Kalo mau gantian n ga itung2an emang lebih mudah.

 

TOLONG DONG, MOM..!!

Aku melihat ngga ada waktu terlalu dini untuk membiasakan bayi pipis di tempatnya lebih awal. Bayi sekarang kelihatannya sangat cerdas. Seperti hal aku n Re misalnya:
Walau pertama2 belajar taturnya diwastafel, sekarang di wastafel Re ga mau lagi. Pernah aku liat Re mau pipis, waktu itu posisi lebih dekat ke wastafel ketimbang potty.. aku lari ke wastafel tatur dia, tapi Re ga mau tuh.. marah2, nangis. lalu aku bawa ke pottynya.. Pas aku dudukin dia di pottynya.. langsung pipis dia dengan nyaman. Mungkin udah mulai merasa kalo itu tempat pembuangannya.

Sekarang kalo mau pipis, panggil2.. pertama sih liat aku.. liat2 aku, panggil2, merengek2.. trus akhirnya ga tahan dia.. pipis juga. Tapi abis pipis ternyata masih ngga berhenti.. rewel n nangis.. wajahnya sampe kadang marah gitu sambil liat aku. Pas itu aku kan ga ngeh dia kenapa (misal pas sibuk juga).. akhirnya pas aku datangin karena marah2 ga brenti2.. ternyata celananya basah. Jadi dia maunya kalo kebelet, mintanya dibawa ke potty.. lalu kalo sampe basah dicelana gitu karena ga diangkat, nesu dia,

"gimana sih mom.. basah nih.. aku kok ga diantar ke potty sih.. ganti dong.." -> bahasanya sih gitu.
Kalo udah aku ganti, langsung diam dia.. main2 lagi dengan girangnya. Berarti emang sekarang dia ga mau celananya basah.

 

Ternyata bisa juga, kan..

 

GOOD LUCK, MOMS..

 

 

Irene
RENATA's Mom

(Uuuhh.. senangnya.. kalo malem sekarang benar2 ngga basah, deh.. malam sampe pagi celana yang dipake celana yang sama, dan tidak ada tumpukan dipagi hari)

 

9 comments:

  1. Irene...baru mau nanya2 taunya sudah ditulis! Terima kasih yaa... ^_^

    ReplyDelete
  2. aduh, bagus bgt postingannya mba... Ko aku yg bacanya jd malu sendiri ya, ngbiasain fathima pake pampers sampe sekarang (9mths) even lg tidur *_* jd pengen ngajarin fathima potty training..is it too late, mom? mengingat fathima skrg 9bulan jalan 10bulan..huhu, i feel bad T_T btw, boleh mnta infonya mom u/ ikut group AFB?di yahoo kan ya? thanks a loads for sharing mom..appreciate it!

    ReplyDelete
  3. ren, kalo potty training pertamanya di wastafel ya? ato langsung di kamar mandi?

    ReplyDelete
  4. hehe.. gimana mir.. nyusuinnya? sukses ya

    ReplyDelete
  5. ngga sis.. ngga terlambat.. masih sempet banget, buat aja suasana menyenangkan, emang nantinya agak ada rengekan, tapi tenang aja pelan2.. lama2 dia akan tau kalo pipis itu dipembuangan, kalo pas kita pipis di closed, ajak juga dia, dibilangin, nih.. mom pipis, gt.. nanti kan ditiru, dia kan lagi getol2nya ngerekam.

    o iya.. kalo mau masuk milis AFB kirim email ke asiforbaby-subscribe@yahoogroups.com
    moga2 bisa dapet info banyak disana

    ReplyDelete
  6. pertama kalinya pas usia 2 minggu di wastafel, mel..
    soalnya lom bisa duduk, tapi kalo dah bisa duduk ya langsung aja di potty ato di closet, keuntungan di potty adalah, ngga terlalu tinggi, sebelum dia bisa naik sendiri ke kloset, dia akan bisa pipis n pup sendiri di potty pada 2-3 tahun pertama tanpa bantuan orang lain. Tapi kalo kaya kamu yang lom lahiran.. ya nanti diwastafel aja..
    aku ga bisa bayangin baby kamu dibawa ke potty, hihihi.. hahaha..

    ReplyDelete
  7. duh, thanks ya mba irene baru baca nih reply-annya..appreciate it! thanks yah sekali lagi, salam buat babynya ^___^

    ReplyDelete
  8. M' Irene mo tanya donk, tau baby mo pipis tuh dari mana? Soalnya babyku tuh mo dia pipis kek, mo pup kek, diem aja setelahnya, ga pernah nangis karena ga nyaman. Kecuali pup, itu keliatan karena dia ngeden, kalo pipis...setelah aku perhatiin (dari postingan M' khan bilang perhatiin mimiknya) dia diemmmmm...aja, eh tau2 uda pipis...kira2 dari nyusu tuh berapa lama ya dia baru mau pipis? Thx

    ReplyDelete
  9. irene...apa kabar? aku lagi usaha potty training mahesh ni...skarang lagi buka2 multiply mu untuk panduan...hehe...teman2ku aku kasih link ini juga ya? terima kasih ya irene!

    ReplyDelete