Sunday, August 9, 2009

Kalo maaf bisa membantu, buat apa ada polisi?



"if apologies could help, would we still need the police?"
hahaha.. inget ga itu kata2 sapa?
kata2 dao ming tse di meteor garden!!

Hehe.. sebenarnya tulisan ini udah lama aku buat, tp bukan di blog ini. Tulisan ini tumpahan semua pemikiranku melalui perenungan dan proses yg cukup lama. Pengen share aja disini.. Lama aku ga ngeshare something di blognya Renata :)

aku coba sharekan sesuatu yg mungkin jarang terpikirkan oleh  banyak dari kita sebelumnya.


Minta maaf itu sulit.. itu benar.
Tapi ngga kalah penting.. memaafkan itu lebih sulit.


Kadang aku berharap,.. jangan banyak minta maaf, deh..
tapiii.. mending diusahakan lebih dipikir sebelum melakukan sesuatu, mengatakan sesuatu atau berbuat sesuatu. Jadi bisa meminimalisasi untuk menyakiti orang lain.

kesalahan begitu menyakitkan, itu pasti..!!
tapi kenapa menerima permintaan maaf juga sedemikian menyakitkan, sehingga sulit buat kita untuk memaafkan.


TENTANG MINTA MAAF

hmm..
kita suka mendengar orang meminta maaf (bahkan mungkin kita) dengan kata2 sejenis ini:
"maaf!!"
"sorry.. sorry.."
"wah, ya sorry dong.."
"ya maaf, laahh.."

lalu.. kenapa dengan permintaan maaf seperti itu masih terasa ngga plong?
yaa.. nadanya sih..
kan kaya ga rela gt.. bener, kan!?!!
aku termasuk salah satu orang yg mendengarkan peka bgt terhadap nada.. dan aku lebih cenderung otomatis peka terhadap nada dan intonasi suara melebihi kata2 yg terucap. jadi kata2 yg kudengar seringkali bukan berasal dari mulut, tapi dari keseluruhan kondisi orang tsb (ya dari moodnya, dari hatinya, dari kulitas orang tsb).
nah.. itu yg bikin aku berpikir lamaa..
dan kata2 maap seperti itu seringkali kita spontan masih ngomel karena ngga lega,


dan anehnya.. keluar kata2 seperti ini dari mulut si peminta maaf (bisa juga kita.. hihi..)
"kan aku udah minta maaf.."
kadang masih ditambah "kurang apa lagi sih.."


sering banget aku mendapati percakapan kaya gini, aku yakin banyak orang jg.
Dan itu banyak juga di sharekan oleh anak2 yg konseling atau permasalahan2 dalam komunitas.
"kan aku udah minta maaf sama dia cie.."
aku cuman bilang "kan kamu minta"
"??"
"kalo belum dikasih ya jangan marah.. namanya juga 'minta' maaf.."
"maksudnya cie?"
"minta maaf itu minta lho.. kan ada gunanya dalam bahasa indonesia digunakan kata "minta maaf" untuk kata penyesalan. dalam bahasa inggris, dipakai kata "i'm sorry." yg berarti aku menyesal. Dalam bahasa Indonesia, lebih berat. Kamu bukan hanya menyesal, lho.. kamu minta maaf, kamu minta dia untuk kasih maaf dia ke kamu. Maaf itu artinya 'kebesaran hati, penerimaan kembali.. kamu sedang minta kebesaran hati dia.. ya namanya minta.. bukan beli, ya tinggal nunggu dikasih, dong'".


Kadang kita ga bisa sabar untuk memperbaiki kesalahan kita, meminta maaf, dan berharap kesalahan kta cepat2 dilupakan. Tapi kita sering lupa, kalo kita minta maaf, berarti kita udah merepotkan dan menyudutkan orang tersebut dalam kondisi berat dua kali. Udah disakiti, masih dimintai lagi..
Jadi maklumilah.. kalo seseorang butuh waktu untuk memaafkan kita.. ups sorry.. bahasa yg tepat adalah 'memberikan maafnya' kepada kita.


Satu hal lagi yg salah kaprah dalam minta maaf.. Sesuai dengan yg aku tulis tadi.. minta maaf adalah meminta sesuatu. Jadi sebenarnya.. masih kurang pas meminta sebuah maaf kepada seseorang dengan kata2.. "aku minta maaf.." apalagi kepada orang yg udah kita sakiti.


Turunin gengsi dikit.. kamu sedang meminta sesuatu dari dia. Seseorang yg udah kamu hancurkan.
Jangan beri dia statement.. (maksudku "aku minta maaf" itu statement)..
tapi kalo kamu mau lebih menghargai seseorang dan perasaan orang lain.. apalagi yg udah kita salahin..
alangkah baiknya kalo kita bertanya..

"Maukah kamu memaafkanku?"

Itu terdengar lebih merdu dan damai, kan... :)





have a nice day..
semoga harimu penuh dengan persahabatan..





God bless,
Irene
I love you full ;)





3 comments:

  1. Good blog! Emang betul ya, selama ini kita kan 'minta' maaf, tergantung yang dimintain, mau kasih maaf nya ngga? Hehehe..
    Ayo kita merenungkan blog ini, biar hidup damai :) peace, love and gaul! Loh??!!! Hehehe

    ReplyDelete
  2. Oya, dan memang betul, memaafkan jauuuh lbh susah drpd minta maaf :)
    Apalagi mengampuni, yang berarti memaafkan dan melupakan.. Hmmm..
    Susaaah itu.. Good morning everybody!

    ReplyDelete
  3. uuuuufff.. setujuuu!!! Mending diusahakan lebih dipikir sebelum melakukan sesuatu, mengatakan sesuatu atau berbuat sesuatu. Jadi bisa meminimalisasi untuk menyakiti orang lain.

    Heran juga, ada yang sukaaaaaa banget minta maaf. Dan mereka fikir dengan minta maaf semuanya beres gitu??? Trus besoknya minta maaf lagi? Kok bisa siihh...

    ReplyDelete