Tuesday, August 4, 2009

Kekuatanku dan Kekuatan Renata

Kemaren aku hampir 'kehilangan' Re.. Emang dia gesit banget. Dan parahnya.. terlalu berani, ga takut sama orang, dan rasa ingin tau besar. Selama ini aku rada kewalahan dengan 'bakat' dia yg aku sebut diatas tadi. Aku berani bilang karena ditotal dan dirata2 dari semua orang yg komen tentang Re, skornya bisa diatas 70. Sampe beberapa kali ada orang komen "wih wih.. itu mamane pasti kuat, dipercaya anak kaya gitu".
I wish... :(

sejak umur 11 tahun aku udah ngemong adik2 sepupuku dari bayi. Dari yg selisih umurnya 11 tahun dibawahku,.. sampe yg 20 tahun dibawahku.. kira2 ada 8 adik sepupu (nasib cucu tertua,.. cewe, pula). Dari yg penakut, alim, cerewet, yg rasa ingin taunnya gede, yg suka nanya2 ga berhenti henti, suka bongkar2, yg kalo manggil musti sambil lari2 ngejar, sampe yang suka ngilang bikin panik. Agak gede udah beda lagi.. mulai jiwa2 pemberontakan muncul.. mulai cupid2 mucul n dewa asmara bekerja. Logic mulai main, mulai olah kata.. hihihi..
Untungnya aku termasuk andalan orang tua mereka kalo mereka susah dijinakkan.




Ga nyangka kalo anakku sendiri bakalan kelebihan energi kaya mamanya (oke.. saat ini aku ngaku, soalnya Ko Jun jauh lebih slow dari aku). Tapi mamaku pun bilang aku ga ada setengahnya Re. Adikku yg paling kecil itu pun kata mama jauh lebih gesit, berani n pengen tau dari aku. Tapi mama juga bilang Re labih dari dia. O' oo... Aku berharap saat memberikannya, Tuhan tidak lupa untuk membekaliku juga dengan kemampuan untuk menjaga n mengimbanginya.














Hari ini jantungku untuk kesekian kali kaya mau copot.
Kemaren kita ke index.. mau beli kursi buat Re,.. dan ke ace, beli dinamo yg bagus untuk mesin jahit.

Lengah dikiiiiiiittt aja..tiba2 hilang.
Aku udah ngeh.. langsung cari2,.. aku lihat Ko Jun, tp keliatannya dia juga lagi cari.


Waduuhh.. tiba2 aku denger Ko Jun teriak panggil2 Re.. ternyata Re yg dicari udah siap2 turun sendiri di eskalator. Langsung ko Jun tinggalin stroller, lari sambil lepasin sandal. Untung ketangkep. Abis itu baru berasa kakinya kesleo, kukunya berdarah. Bener2 deh..

Setiap mau perjalanan, aku, ko Jun.. selalu ajak Re berdoa. Kita bilang sama Tuhan, kira2 kita mau kemana aja. Mohon perlindungan dari segala marabahaya.. dan dari segala sakit penyakit. Aku ga tau apa yg akan terjadi. Jujur aku suka deg2an dari dulu kalo bawa anak2 kecil ke tempat2 umum, adik2 sepupuku aja untuk berenang aku selalu ajak min dua orang bisa berdampingan (kalo bisa sekelompok 3 orang), untuk saling mengawasi. Karena dari aku kecil sampe sekarang, aku lihat ada beberapa kejadian yg aku belajar dari sana. Kolam dengan air setinggi 10cm pun akan berbahaya untuk batita. Adikku waktu 2 tahun pernah jatuh n tenggelam disana saat mama lengah ambil barang ke kamar mandi. Dia juga pernah digigit anjingku dibagian matanya waktu bawa makanan. Renata juga pernah disergap anjing waktu bawa makanan.


Sewaktu nungguin papanya ambil mobil, aku ajak omong Re,.. Aku jongkok, aku pegang bahunya,..
"Denger.. Tadi Mom takut banget. Jie (aku memanggilnya Jie = Jun Irene's Eagle) tadi hampir celaka".
Re natap mataku lekat2..
"Inget!! ditempat umum, jangan pernah jauh2 dari Mom, ya..?"
"Iya!!.." cadel, lembut dan mantap.
"jangan turun eskalator sendiri .." aku tatap matanya untuk meyakinkannya.
"Iyaaa..." sambil mengangguk.


"kalo ga sama Mom atau Dad, jangan turun dan pergi sendiri.."
"iyaa.."
"inget yaaa.." aku tersenyum.
"Iyaaa..."
"oke.. thanks.. I love you.."
Dia mengangguk angguk sambil balas tersenyum.


Aku berdiri, memegang stroller, mengambil tas.. sedetik aku menoleh.. Re udah berlari keluar pintu ke parkiran dengan ekspresi girang.
Ooowww.. GOODDD...!!!
Pikiranku udah ke mobil yg bisa aja tiba2 lewat. Aku lari menghambur keluar dan menarik tangan Re..

So...
fiuuhhh..
... kelihatannya perjalanan dan perjuangan akan tetap masih panjang.

Good luck all parent.. May God bless onze kinderen

18 comments:

  1. kaenya sis butuh harness deh.. hihihi sama seperti ken kasusnya wakakaka. mendingan ditatapin orang dikit daripada nyesel klo anak dah kenapa2. si ken juga demen naek turun escalator

    ReplyDelete
  2. Huaduuh!!
    Ikut degdegan bacanya.. Ampyuun rere.. :((

    Kl aku bawa aya ke ace ato k tempat umum ta bela2in gantian gendong dia sama ayahnya.. Anak2 seumuran aya dan rere mah blom ngerti bahaya, bawaanya penasaran jd eksplorasi deh kmn2

    ReplyDelete
  3. haduh... emagn anak2 ga boelh lengah sedikit jg... kadang suka ada insting dan suara kecil yg ngasih tau... pas kita liat yaaahh beneran aj lagi dlm pose yg berbahaya...
    re jgn jauh2 jari mama dan papa yaa... :P

    ReplyDelete
  4. aduh sis.. kapan hari udah coba pake harness.. yg ada tarik menarik. coba deh nanti aku coba lagi.. udah 6 bulan yang lalu. Aku sendiri juga lupa kalo punya harness. Thx ya ngingetin :D

    ReplyDelete
  5. ga bisa bayangin kalo ada anak lagii...
    kok temenku bisa yaaa.. punya tiga biji.

    ReplyDelete
  6. jadi inget anakku yg pertama, dulu waktu seumuran Re jg sama, kita 'meleng' dikit, udah wussshhh...tau ke mana. Untung kl 'ngilang' selalu ketemu. Emang punya anak 'super gesit' gini mesti keluarin tenaga ekstra sis :)

    ReplyDelete
  7. he eh.. bener sis.. emang kadang suka ada suara kecil gt ya.. kaya insting. Tp istilah2 kamu bener2 surprise deh.. "dalam pose yg berbahaya.." wakakaka..

    ReplyDelete
  8. anak pinter ya kayak gitu itu sis Irene..kaya Re itu.
    serba pengen tau dan berani! hebaat! butuh perjuangan ekstra ngawasinnya ya saat masih kecil gini?? semangat sis
    ..tapi nanti gede2 pasti dia banyak bantu daddy & mommynya dengan jadi anak yang baik & berbakti ^^,

    salam untuk Re.

    ReplyDelete
  9. wuih.. jadi inget episode super nanny di metro TV kemaren.. anaknya doyan keluar rumah & lari melintas jalanan yg banyak mobil.. when it comes to child's safety, ga boleh ada kompromi.. musti tegas dan kreatif (kata si jo frost).. hehehe...

    ReplyDelete
  10. Ngadepin anak aktif kayak gini harus sering2 dikasih penyaluran energi hihihi

    ReplyDelete
  11. iya sis, si Re itu anak pinter makanya aktif banget, anakku aja sejak 1,6th udah ga mau digendong2 kalo di bawa ke t4 gituan jadi mama papanya ya gantian ngikutin dia kemana, tapi seneng juga punya anak yang lincah dan ceria gitu.
    cia you ya sis............

    ReplyDelete
  12. Anakku belum bisa jalan (baru 4,5 bulan). Tapi baca ceritanya Irene, jadi kesimpulannya gini nih kalo suka bawa anak jalan2:

    Must have:
    - gendongan sling
    - harness

    Sementara persiapan mamanya:
    - pake sepatu kets, siap lari-lari
    - pake kaos dan celana jeans, siap-siap keringetan
    - barang bawaan diminimalkan, supaya lebih konsentrasi ke anak
    - rajin fitness supaya tetap bugar
    - DOA

    Apalagi ya?

    ReplyDelete
  13. Anakku tiga2nya Aktif kaya Re.. jadi kalo jalan2 ga pernah dilepasin.. aku sampe beli tali buat ikat anak2 jadi kalo dia lari2 tinggal ditarik2 ahahahahha.. yg liat suka bilang " ihhh anaknya kok diikat " ya gpp deh daripada ada apa2.. talinya itu fleksibel kok bisa dipanjangin/dipendekin mmg khusus tali untuk ibu& anak :D

    ReplyDelete
  14. wiihh, lana masih 7 bulan aja udah heboh bukan main kalo ditinggal bentar udah bisa diujung kasur, bolak balik jatuh ke lanat, taro di lanatai tarik2 kabel @<@
    apalagi ntar seumuran re yah, udah bisa jalan n lari kesana kesini,,
    huhuhuhu...
    re, ati2 ya. jangan jauh2 dari mama papa, ntar knp2,
    moga re cepet ngerti bahaya ya sist,
    semangaddhhh...

    ReplyDelete
  15. speechless...

    anakku skrg - 20 bln - klo pergi berdua lg mulai dibiasain pk harness...biar deh diliatin atau apa...soalnya anakku klo di rumah ajah gesit bgt...di mall/tempat umum jg gt..

    Renata lain kali jgn jauh2 dr mom & dad yaaa...klo mo pergi ajak mom atau dad... :)

    ReplyDelete
  16. hukoklukjko4
    xeskshdhfjdn
    acfvfcvcvcvb

    ReplyDelete
  17. sama Sist, anakku juga ga bisa liat apa gitu, bawaaanya penasaran dan pengen ngedeketin..fiuuhh..tapi kita mang musti pinter2 juga..makanya harness buat aku sangat berguna banget, biarin aja orang2 pada ngeliatin, drpd anak kita kenapa2, siapa yg nangggung? hehehehe..
    pokoknya aku doain juga mdh2an anak2 kita semua pada jadi anak2 yang cerdas, dan jadi anak2 berguna buat org banyak dan jadi kebanggan kita semua, amin :)
    The Joy of Motherhood, Re..heheheh

    ReplyDelete