Tuesday, August 11, 2009

Tanggung Jawab Renata

Tadi surprise banget liat Re. Re kebobolan pipis. Aku ga nyadar. Aku sama Papanya Re lagi liat the apprentice. Re didepanku main aqua gelas. Lalu ada air menggenang disekitar Re duduk. Aku sama Papanya Re masih asik liatin TV.

Trus Re bilang "Loooh...."
Aku ga terlalu ngeh sih.. kupikir air aqua yg bocor,
mikir "abis ini aku lihat ah, celananya ikut basah ngga.."

Sekilas aku liat Re bolak balik, sibuk puter2, trus tiba2 ilang, ga lama muncul dari belakang, bawa lap pel. Sampe didepan genangan dia taruh pelnya n usap2 pake tangan.. ngepel (kadang emang dia pel sendiri), lalu berdiri dan ngepel pake kaki mondar mandir.
Aku n Papanya Re liatin aja, n ga terlalu ngeh sama kegiatan dia. Abis itu ga lama kedengeran Re ngerengek2 "hik hik hiiikk... hik.."
Aku toleh, dia masih ngepel.. tapi sambil ngerengek.. tapi tetep ngepel.



Aku ketawa kecil. "sedang apa nak?"
"Pipiiiss.. " kata Re
aku tanya ke Papa Re "Pipis tha?"
"Ngga kok, itu air aqua yg pecah" kata Papa Re sambil membolak balik aqua2 gelas, dan mengubah kata2nya setelah itu "lho.. g ada yg pecah.. berarti beneran pipiiiiss.."
Aku pegang Re, "jadi beneran pipis ya..? coba Mom liat celananya?"
ternyata emang basah. Abis itu aku lepas celana Re, dan Re melepaskan diri, sibuk melap2 air genangan sisanya.


Yg bikin aku geli, bukan masalah dia ngelap ompolnya sendiri, karena udah hampir setahun dia melakukannya. Re terbiasa melihat aku & Papa Re mengelap ompolnya di lantai, jadi dia berpikir, sudah seharusnya seperti itu.

Kadang aku bilang "Re, mom masih sibuk, tolong lap sendiri ya.."
Jadi dia ambil lap dan bersihkan (walau seringkali ga sempurna, but it's very helpful).
Demikian juga kalo duluuuu.. dia pipis di tempat tidur, dia ambil kain alas ompol di laci dan tekan2 bekas ompolnya dengan kain itu.

Yg bikin aku geli tadi, soalnya aku bener2 ga ngeh dia pipis, dan aku geli (dan jujur aku kagum, sebenarnya), karena dia tadi ngelapnya dengan merengek2 sendiri, kaya mau nangis, kaya dia kalo dipaksa melakukan sesuatu. Disaat dia merasa pekerjaan itu g nyaman, n spontan keluhan keluar dengan polosnya,.. dia tetap bertahan melakukannya.. tanpa campur tanganku. Tanpa aku menyuruh.. dan tanpa paksaanku. Aku geli karena waktu aku senyum sesungguhnya dalam hatiku terucap.. "ahaha.. siapa yang suuruhh, siihh...?!"

sebenernya judulnya salah, mestinya "Renata Merasa Bertanggung jawab" kali ya


makin dewasa ya, nak...
I'm proud of u, girl..

19 comments:

  1. wiiihhh makin gede makin pinter aja nich:-)
    rambut nya kak Re koq agak tipis ya mom??

    ReplyDelete
  2. anak pintar... selalu jadi kebanggana mama papa ya re...

    ReplyDelete
  3. wah.. rere pinterr...!
    chubby ya ren.. sehat sekali senyum dan binar matanya... :)

    ReplyDelete
  4. ditipisin .. hihii.. surabaya panas soalnya Mom.. Re ga mau dikuncir :(

    ReplyDelete
  5. whaa.. baru liat foto re nangis nih.. cedih cekali tayaanng..cup.. cuup.. jangan nangis yaaa... Re hebat dehh..

    ReplyDelete
  6. wah re pinter yah... mau ngepel ompol sendiri ??? hebattt..!!

    ReplyDelete
  7. huaaa, pinternya re ^^
    senengnya punya anak yang pinter :)

    ReplyDelete
  8. pinternyaaa:)
    two thumbs up buat Re deh sis ^^

    ReplyDelete
  9. wah renata pinter... usianya sekarang berapa tahun sis? pinter banget... 4 thumbs up deh buat re :)

    ReplyDelete
  10. wahhhhhhhhhhh ini dia salah satu inspirasiku..hehe sama sama dari surabaya lagi :P

    ReplyDelete
  11. pinter yakkk.. udah umur brapa dia ren?? pinter deh bisa ambil2 kaen pel n lap snediri xD

    ReplyDelete
  12. Mom Irene... bajunya kenal deh :)
    masih kegedean yah mom, jadi pake dobel.
    Renata jadi tambah cuantik... :D

    ReplyDelete
  13. tossss.. ;) pa kbr jeng iren?? aq skrg wes d jkt. fesbukmu opo? aq add ya. aq aktif dsana :D

    ReplyDelete